Apakah kalian tahu jenis model E-Commerce
yang sering digunakan di Indonesia itu seperti apa ???
Nah kali ini penulis akan sedikit berbagi
mengenai model E-Commerce terseut, kalo gitu check this out ..>>>>
1.Classifields/Listing/Iklan baris
Merupakan
model bisnis E-Commerce yang paling sederhana dan juga cocok digunakan di
Negara-negara berkembang. Dua kriteria yang biasa diusung model bisnis ini :
Website yang bersangkutan tidak
memfasilitasi kegiatan transaksi online.
Penjual individual dapat menjual barang
kapan saja dan dimana saja secara gratis.
Contoh usaha bisnis yang menggunakan model
ini adalah tokobagus,berniaga, dan OLX.
2.Marketing C2C(Costomer to Costumer)
Jenis
model ini mengunstungkan penjual dikarenakan pihak website memfasilitasi system
pembyaran secara noline. Berikut adalah 2 kriteria yang ada pada model ini.
Seluruh Transkdi online harus difasilitasi
oleh pihak website.
Bias digunakan oleh penjual individu.
3.Shopping Mall
Modeil
ini sangat mirip dengan marketplace,tapi penjual yang bias berjualan disana
hanya penjual pemilik brand ternama karena proses vertifikasi yang ketat.
Contoh yang menggunakan model ini yaitu
blibli.com.
4.Toko Online B2C (Business to Consumer)
Model
bisnis ini banyak digunakan karena cukup sederhana, yakni sebuah toko online
dengan alamat website(Domain) sendiri, dimana penjual memiliki stok produk dan
menjualnya secara online kepada pembeli.
Contoh yang menggunakan model ini yaitu
bhinneka,lazada,berrybenka,dll.
5.Toko Online di Media Sosial
Model
ini banyak kita jumpai seperti yang ada pada facebook maupun instagram.
Contoh yang menggunakan model ini yaitu
kizaruanimanga dan gonzo yang ada di facebook,dll.
Untuk kali ini saya hanya bisa memberikan
sedikit informasi mengenai jenis model bisnis E-Commerce siapa tahu anda
berminat ???? ^_^
Samapi jumpa lagi ~
Samapi jumpa lagi ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar